Home Foods 15 Jajanan Pasar Tradisional yang Masih Eksis Sampai Sekarang

15 Jajanan Pasar Tradisional yang Masih Eksis Sampai Sekarang

0
112

Rafinews.com – Jajanan pasar adalah toko permen yang dapat dibeli dari pasar tradisional. Jenisnya juga berbeda, mulai dari manis menjadi beraroma. Namun, dalam periode mutakhir ini, makanan ringan pasar tradisional agak sulit dicari.

Jajanan Pasar yang Semakin Sulit Ditemukan

Di masa lalu kita dapat mengambil bagian dalam menggigit secara efektif, saat ini mulai digantikan dengan kuliner kontemporer yang semakin menjamur.

Baca juga: Magelang Rekomendasi Kuliner Paling Enak

Bagaimanapun, jajanan pasar tradisional ini benar-benar ada, meskipun keadaannya berbeda, mungkin agak sulit untuk melacak gigitan ini di komunitas perkotaan besar, yang saat ini juga disebut makanan ringan kota. Di sini kami akan membagikan artikel jajanan tradisional Indonesia. Ini adalah semacam kue tradisional dan titik awalnya.

1. Klepon

Si Klepon yang Tengah Naik Daun - ZNEWS

Klepon adalah kue khas Indonesia yang termasuk ke dalam kelompok jajanan pasar. Klepon bulat seperti onde-onde, perbedaan permukaan dan konten.

Gigitan biasa ini diproduksi menggunakan tepung beras ketan yang dibentuk bulat seperti bola kecil, sarat dengan gula berwarna bersahaja dan menggelembung dalam air menggelegak.

Saat dimasak, klepon ini menebal dengan kelapa bubuk. Tips bagi Anda yang belum pernah makan klepon, masukkan seluruh kue ke dalam mulut agar gula cair melembutkan di mulut. Ini benar-benar hebat, kan?

2. Onde-onde

Resep Onde-onde, Kue Goreng Isi Kacang Hijau

Onde-onde adalah sejenis kue jajanan pasar yang cukup populer di Indonesia. Mudah ditemukan di pasar atau di pinggir jalan bersama gerobak gorengan. Onde-onde berbentuk bulat dengan taburan wijen putih di atasnya.

Onde-onde merupakan makanan tradisional dari ketan dan tepung terigu yang diisi pasta kacang hijau lalu digoreng. Ukurannya juga bervariasi, dari yang cukup besar sampai yang mini langsung hap. Dan jajanan ini masih jadi primadona, loh.

3. Lemper

Cara Simpan Lemper agar Tahan 3 Hari, Saran dari Penjual

Makanan tradisional ketan ini biasanya sarat dengan abon atau daging ayam cincang. Diselimuti oleh daun pisang membuat rasa dan bau lebih mantab. Di Jawa, lemper masih mudah ditemukan, umumnya juga digunakan sebagai camilan pernikahan.

Varietas makanan ini umumnya digunakan untuk menghancurkan perut singkat sebelum beralih ke varietas makanan besar.

4. Dadar Gulung

21 Resep Dadar Gulung yang Enak, Mudah, dan Lembut (Lengkap)

Dadar gulung yang dipindahkan juga bisa disebut pancake. Bedanya pancake biasanya tidak digulung, namun ini digulung, sesuai dengan namanya.

Gulung dadar memanfaatkan isian sebagai kelapa giling yang sudah dimasak menggunakan gula. Rasa manis dan indah ini adalah hal yang membuat banyak orang bergantung.

Jika di masa lalu makanan ringan tradisional sekolah dasar di masa lalu tidak dapat dibedakan dengan bagian luar nada hijau, di samping kemajuan acara, dadar digulung muncul dengan berbagai nada yang luar biasa, bahkan ada dadar digulung yang dirancang. Menarik kan?

5. Nagasari

Resep Jajanan Pasar Kue Nagasari yang Legit dan Enak

Tepung beras dan santan adalah bahan utama untuk membuat nagasari. Isian pisang dan penggunaan daun pisang sebagai bungkusnya membuatnya sangat menggoda.

Sensasi rasa manis dan gurih tepung dijamin akan membuat ketagihan. Nagasari menjadi salah satu jajanan yg sehat, loh.

6. Kue Cucur

Resep Kue Cucur yang Enak dan Praktis

Cucur memiliki warna merah bata dengan rasa manis yang menggoda. Jajanan ini terbuat dari campuran gula aren dan tepung terigu yang digoreng. Sifat kue cucur yang tebal di tengah dan tipis dipinggiran membuatnya nampak seperti bunga lotus.

Kue cucur cocok dimakan ketika sore hari disandingkan dengan teh manis. Nah, apalagi ketika hujan tiba, acara nongkrong sore bareng keluarga tentulah menjadi moment yang syahdu.

7. Cenil

✓ 7 Cara Buat Cenil Mie Pelangi a.k.a minas yang Enak - cookandrecipe.com

Jajanan ini berasal dari daerah Kebumen. Cenil terbuat dari tepung kanji dan menggunakan kelapa parut dan gula untuk penyajiannya. Bisa juga disajikan dengan gula merah cair atau dipadukan dengan ketan hitam. Meskipun tanpa isian gula merah cair seperti klepon, tapi cenil tetaplah juara!

8. Kue Talam

ANEKA RESEP MENGKREASIKAN KUE TALAM MENJADI LEBIH LEZAT DAN MENARIK - RESEP MANTAN

Kue talam merupakan kuliner ala Betawi. Jajanan pasar satu ini masih mudah ditemukan untuk jajanan arisan ibu-ibu perumahan. Kue talam memiliki rasa yang legit dengan tekstur kenyal. Talam sendiri dibuat dari tiga bahan dasar yakni tepung sagu, tepung beras dan perasa pandan. Ciri khas kue talam adalah warna putih dan hijaunya.

9. Lopis / Lupis

Resep Lupis/Lopis (versi hemat gas) oleh Vita Jaurina - CookpadMirip Lontong, lopis atau bisa juga disebut lupis terbuat dari ketan yang disajikan dengan parutan kelapa dan gula merah cair. Lopis atau disebut lupis adalah makanan asli dari Jawa Tengah.

Bentuk lupis dulunya segitiga namun karena terlalu sulit untuk dibungkus, akhirnya dibuat seperti lontong, bulat memanjang. Jajanan pasar satu ini biasanya dinikmati sebagai teman sarapan atau teman minum teh kala sore hari. Rasanya yang manis dijamin bikin ketagihan.

10. Bikang

jajanan pasar tradisional

Bikang adalah salah satu jenis kue yang dikenal luas di seluruh nusantara. Di Jawa khususnya Jawa Tengah banyak orang mengenal kue ini dengan nama Coro Bikang atau Coro Bikan.

Jajanan tradisional ini pada umumnya berwarna merah muda, hijau, putih dan coklat yang berbentuk bundar dan seperti mengembang di tengahnya.

11. Mendut

jajanan pasar tradisional

Pernah dengar cerita Roro Mendut? Kue mendut berasal dari Jawa, sama dengan asal muasal cerita Roro Mendut. Mendut terbuat dari tepung beras yang diisi dengan gula merah didalamnya.

Pada beberapa tempat, kue mendut dibungkus dengan daun pisang dan diberikan tambahan berupa santan. Tekstur kenyal dan manisnya adalah salah satu hal yang paling dirindukan dari mendut.

12. Kue Bugis Mandi

Disebut dengan kue bugis mandi karena ciri khas dari kue ini adalah dihidangkan bersama rendaman atau siraman saus santan yang kental. Selain dengan isian parutan kelapa, kacang hijau juga dapat menjadi pilihan untuk membuat kue bugis mandi aneka warna dengan cita rasa yang enak.

13. Kue Putu Ayu

17 Resep Putu Ayu yang Enak, Lembut, dan Mudah (Rekomended)

Kreativitas kuliner telah melahirkan kue putu ayu. Dibandingkan dengan kue putu, kue putu menjadi jajanan pasar yang tidak mudah basi dan biasa dijual di banyak toko kue.

Kue putu ayu dicetak dalam cetakan yang membentuk seperti bunga. Penampilannya dan warnanya yang cantik menjadi dasar namanya, putu ayu.

Tekstur dan rasanya agak beda dengan putu bambu. Putu bambu lebih “kepyar” (mudah tercerai-berai), sedangkan putu ayu lebih padu dengan tekstur mirip kue bolu. Kebanyakan putu ayu dibuat dari campuran tepung beras dan tepung ketan.

14. Kue Putri Noong / Kue Mata Roda

jajanan pasar tradisional

Noong sendiri berasal dari tanah airnya Sunda, dan artinya sendiri dapat diartikan “mengintip sedikit.” namun berbeda nama di Purbalingga kue ini bernama mata roda, karena pisang ditengahnya berbentuk mata dan bentuk keseluruhan kue terlihat seperti roda.

Jajanan tradisional ini pada umumnya warnanya berbagai macam aneka sehingga akan menarik penikmat kuliner. Yang membuat kue ini terasa enak adalah terdapat pisang rebus yang ada didalamnya yang mengintip dari dalam ketika dipotong.

Di luarnya suka dilapisi dengan kelapa parut rebus, sehingga dianalogikan mirip dengan putri yang suka mengintip di bawah turunnya salju. Bahan pembuatannya sejenis dengan pembuatan getuk, yakni sebuah singkong.

15. Getuk Lindri

Getuk Lindri Klasik Istimewa Ekonomis - Resep | ResepKoki

Makanan tradisional Jawa dari singkong ini memiliki berbagai varian, namun yang Seruni bahas kali ini adalah getuk lindri, varian dari getuk biasa.

Dibuat dengan cara singkong digiling halus dengan gula pasir, dibubuhi pewarna makanan dan vanili dan setelah itu dicetak kecil-kecil memanjang dan dirapatkan memanjang ini serupa dengan mie hingga berbentuk memajang dengan ketebalan sekitar 2cm lebar 4cm, setelah itu dipotong-potong berbentuk panjang sekitar 5cm dan lebar 4cm.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here